Warta Necil - Rapat, Kamis (25/10) duduk di depan Ruang Auditorium Kepala SMPN 1 Ciledug Nurwahid, S.Pd, Sutisna, S.IP dan Gampang Rosmata, S.Pd.MM.Pd dalam rangka Penyusunan RKS SMPN 1 Ciledug tahun pelajaran 2019 / 2020  dari hasil Raport Mutu PMP 2017.

Rencana Kerja Sekolah (RKS) adalah gambaran umum rencana pengembangan sekolah empat tahunan, sedangkan RKAS merupakan jabaran rinci rencana program tahunan yang disusun oleh sekolah disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan.

Berdasarkan Permendiknas Nomor 19 tahun 2017 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah disetiap jenjang harus menyusun RKS dan RKAS termasuk di SMP Negeri 1 Ciledug. Pada kegiatan kali ini adalah penyusunan RKS SMPN 1 Ciledug.

Penyusunan RKS dirumuskan dari hasil Raport PMP SMPN 1 Ciledug tahun 2017, dari data yang didapat kemudian dianalisis oleh tiap kelompok guru yang tergabung pada tiap-tiap standar dan kemudian mereka bersama-sama mendiskusikan dan memperbaiki nilai raport yang dianggap masih kurang standar.

Acara penyusunan RKS dibimbing oleh pengawas manajerial dan dipandu oleh Ketua Tim Pengembang Mutu Pendidikan yaitu Yamin, S.Pd.M.M. Kegiatan penyusunan RKS dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan selesai. Sedangkan untuk para siswa dipulangkan lebih awal untuk melanjutkan belajarnya di rumah masing-masing.

Dalam sambutannya Gampang Rosmata menyampaikan "Dari hasil raport PMP inilah sekolah dapat menyusun RKS yang lebih sesuai dengan kebutuhan (komprehensif) sehingga mutu pendidikan terutama sekolah dapat sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional". Kegiatan berjalan sangat baik, terlihat antusiasme para guru yang berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan oleh ketua. 

Tujuan penyusunan RKS di SMPN 1 Ciledug tidak sekedar menyusun dokumen saja, namun sebagai acara penguatan para guru terhadap kepedulian kemajuan mutu pendidikan di SMPN 1 Ciledug untuk jangka waktu yang telah ditentukan.