Prima Resort, Minggu (30/10) Foto bersama para juara duta lingkungan hidup, Juara 1 dari SMPN 1 Sumber, Juara II dari SMPN 1 Dukuhpuntang, Juara III dari SMPN 1 Ciledug (Melza Zianka Almira)

Pemilihan Duta lingkungan hidup adalah kegiatan pemilihan terhadap sejumlah siswa dari sekolah yang telah memiliki predikat sekolah berwawasan lingkungan hidup. Salah satunya adalah SMPN 1 Ciledug merupakan sekolah yang pernah mengikuti lomba Adiwiyata dan meraih gelar juara.

Pada perlombaan yang diadakan di Prima Resort Sangkanhurip Kuningan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, diikuti oleh 11 sekolah, yang tersidiri dari 5 SMA dan 6 SMP dari sekolah-sekolah yang berwawasan lingkungan hidup.

Peserta lomba dari 6 Sekolah tingkat menengah pertama, yaitu SMPN 1 Ciledug, SMPN 1 Weru, SMPN 1 Greged, SMPN Sumber dan SMPN 1 Dukuhpuntang. Setiap sekolah mengirimkan 2 orang peserta, 1 putra dan 1 putri, dari SMPN 1 Ciledug mengirimkan M. Leo Marchel dari kelas 8C dan Melza Zianka Almera dari kelas 8I dan sebagai pembimbing adalah Sutisna.

Peserta dikarantina selama 2 hari, dari mulai hari Senin - Selasa (29-30/10). Dimulai dari pemberian materi tentang lingkungan hidup dan pengelolaannya hingga seleksi para siswa untuk dijadikan Duta Lingkungan Hidup. Kegiatan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan outbond dan pementasan-pementasan dari sejumlah peserta dari sekolah masing-masing. Kegiatan berlangsung sangat meriah pesertapun merasa senang saat mengikuti kegiatan tersebut. Dari beberapa seleksi yang dilakukan, terpilihlah Melza sebagai juara ke III sebagai Duta Lingkungan Hidup Kab. Cirebon

Tujuan kegiatan Duta Lingkungan Hidup adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup khususnya di sekolah, sebagai bagian kampanye untuk menjelaskan arti pentingnya lingkungan hidup, dan membentuk juru kampanye dan agen sosialisasi tentang lingkungan hidup. 

Diharapkan setelah mereka mendapatkan gelar tersebut, mereka dapat mengkampanyekan arti pentingnya lingkungan hidup disekolah mereka masing-masing dan menjadi motor penggerak bagi para siswa agar perduli dengan lingkungan sekolahnya.

Mari kita wujudkan sekolah yang bersih, indah, aman dan sehat, agar belajar menjadi nyaman dan sentosa. Seperti pepatah arab mengatakan "Kebersihan Sebagian daripada Iman".