Kegiatan Simulasi UNBK sesi 2 di SMP Negeri 1 Ciledug tahun 2019 oleh siswa kelas IX ( 323 siswa ) dilakukan dengan tertib, Aman dan Terkendali.

Dalam rangka usaha mensukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 ditingkat Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, terlihat beberapa sekolah sedang disibukan dengan simulasi UNBK, baik ditingkat SMP maupun SMA/K. Hal itu bertujuan agar siswa siap dan mampu dalam menghadapi Ujian yang merupakan ujian akhir dalam menempuh pendidikan.

Pelaksanaan simulasi UNBK di SMPN 1 Ciledug dilaksanakan dari tanggal 4, 6, 7, 8 Januari 2019. Dilakukan secara mandiri ( tidak melibatkan sekolah lain ) dalam penggunaan komputer sebagai media Simulasi UNBK. Namun dengan jumlah komputer yang masih terbatas, kegiatan Simulasi UNBK terbagi menjadi tiga sesi setiap sesi 2 jam pelajaran.

Untuk meningkatkan fokus siswa dalam rangka mengerjakan soal-soal Ujian, siswa berangkat ke sekolah sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Hal itu pun berdampak baik kepada pelaksanaan pembelajaran siswa kelas 7 dan 8 yang tetap efektif.

Simulasi UNBK di SMPN 1 Ciledug dilaksanakan  di tiga laborarorium (lab) komputer, yang sudah disiapkan jauh-jauh hari oleh teknisi dan proktor UNBK. Jumlah komputer yang tersedia sejumlah 108 unit yang terdiri disetiap ruang 36 unit komputer.

Kegiatan Simulasi UNBK sebagai penanggung jawab adalah Waka Kurilulum Mastoni dan sebagai penanggung jawab teknis yaitu Dicka Franskiana.

"Dalam simulasi UNBK diharapkan ada peningkatan nilai disetiap mata pelajaran" harapan waka kurikulum Mastoni saat ditemui dimeja kerjanya. Kegiatan pemanasan (simulasi) UNBK diharapkan dapat mengukur siswa dalam bersiap menuju sukses UNBK tahun 2019.

Dalam kegiatan Simulasi UNBK siswa tidak diberi kesempatan mencontek, karena soal yang muncul dikomputer antara yang satu dengan yang lain berbeda (diacak). Namun siswa seyogyanya tidak (berniat) melakukan tindakan tidak terpuji (mencontek), sehingga bisa mengurangi rasa tidak percaya dirinya pada saat mengerjakan soal-soal ujian simulasi.

Nilai murni yang didapatkan dapat digunakan untuk mengukur progres peningkatan kemampuan UNBK di setiap simulasi yang dilaksanakan. Dan apabila nilai yang didapatkannya menurun, siswapun dapat melakukan peningkatan pembelajaran secara mandiri, agar siswa bisa benar-benar siap dan SUKSES UNBK tahun 2019.